Gerakan Mukena Bersih adalah Program Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat Islami dengan memastikan ketersediaan mukena yang bersih di tempat ibadah umum (mesjid & mushola) dimana dalam prosesnya melibatkan berbagai unsur masyarakat.

GMB lahir tanggal 27 Desember 2007 bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1429 Hijriyah. GMB memiliki 6 orang Relawan Pengurus yang juga merupakan pendirinya, yaitu Gita Saraswati, Diana Herutami, Dewi H. Gondokoesoemo, Indrawati DP, Niken Pongky dan Siska Utami.

Seiring meningkatnya kegiatan operasional program, pada bulan Mei 2010 GMB mendirikan kantor sekretariat yang beralamat di Jl. Kemang Timur Raya 38, Bangka, Jakarta Selatan. Kantor sekretariat siap melayani pendaftaran Relawan Pemelihara enam (6) hari dalam seminggu pada jam kerja. Sekretariat juga berfungsi sebagai basis administrasi penyelenggaraan program secara keseluruhan.

Menjelang delapan tahun kegiatannya dan dalam upaya memperluas jangkauan program, pada tanggal 15 Mei 2015 Yayasan Amanah Hati dibentuk sebagai payung kegiatan Gerakan Mukena Bersih (GMB).