Maryam, satu-satunya wanita yang di sebut dalam Al Quran

Di dalam Alquran, biasanya disebutkan nama Nabi serta orang saleh dan kebanyakan adalah berjenis kelamin laki. Tetapi untuk yang satu nama orang ini dari kalangan perempuan.

Allah SWT, tidak menyebutkan nama perempuan lain selain dirinya, bahkan nama perempuan ini disebutkan sebanyak 30 kali kesempatan dalam Al Quran.

Nah satu-satunya wanita yang disebut di dalam Al Quran yaitu Maryam binti Imran ra, dan saking mulianya perempuan ini, Allah SWT memutihkan kehormatannya dalam suatu surah, yaitu Surah Maryam.

Allah SWT berfirman :
“(ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya. Maka Kami tiupkan kedalam rahimnya sebagain dari ruh (ciptaan) Kami, dan dia membenarkan kalimat Rabb-Nya dan kitab-kitab-Nya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang taat”. (QS. At-Tahrim: 12).

“Allah SWT tidak menyebutkan nama seorang pun perempuan dalam kitab-Nya selain Maryam binti Imran ra.

Allah menyebutkan namanya dalam 30 kali kesempatan, karena mengandung hikmah sebagaimana yang disebutkan para ulama. Bahkan para raja dan orang-orang terpandang tidak pernah menyebutkan nama istrinya di depan rakyat, dan tidak pula mem-populerkan nama mereka. Tetapi mereka menyebut nama istrinya dengan ungkapan, pasangan, ibu, keluarga kerajaan dan lain seterusnya.

“… Namun ketika mereka bersikat terhadap budak, mereka tidak merahasiakannya dan tidak menyembunyikan namanya. Ketika orang Nasrani mengatakan bahwa Maryam istri Tuhan dan Isa Anak Tuhan, Maka Allah SWT terang-terangan menyebut nama Maryam. Dan tidak Allah sembunyikan dengan budak Allah atah Hamba Allah, yang merupakan sifat asli Maryam. Dan Allah SWT jadikan hal ini sebagai kebiasaan masyarakat Arab dalam memyebutkan budaknya.” (Tafsir Al-Qurthubi).

Az-zarkasi menambahkan, “Sesungguhnya Isa terlahir tanpa bapak. Ini keyakinan yang wajib kita miliki. Ketika keterangan nasabnya ke ibunya disebutkan berulang-ulang, maka akan muncul perasaan dalam hati, berupa keyakinan bahwa beliau tidak memiliki bapak. Dan memutihlah nama baik ibunya sang wanita suci dari perkataan kotor orang Yahudi- Semoga Allah melaknat mereka”. (Al-Burhan fi Ulum Al-Quran)

Inilah alasan kenapa hanya nama maryam yang disebutkan dalam Al Quran. Selain ingin meninggikan derajat wanita, Allah juga menegaskan bahwa Maryam bukanlah istri Tuhan. Melainkan Perempuan Suci yang selalu menjaga kehormatannya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *